Jumat, 01 Februari 2013

Memotivasi Diri Untuk Berprestasi


Dalam menjalani hidup sehari-hari kita mengenal kata motivasi yang berarti penggerak dalam diri seseorang untuk berbuat sesuatu. Motivasi merupakan kondisi yang mendorong individu untuk berbuat sesuatu. Motivasi sangat penting artinya dalam proses belajar, karena fungsional yang mendorong, menggerakkan, dan mengarahkan kegiatan belajar. Pada hakekatnya motivasi diyakini sebagai pengantar (reinforcement) kemauan diri untuk pencapaian sebuah tujuan. Sebagai contoh perolehan nilai yang terbaik, pujian dari orang tua, dan guru akan menambah motivasi belajar.
Motivasi Kunci Sukses
Motivasi berprestasi adalah untuk selalu berjuang, bekerja keras untuk mencapai sukses. Motivasi berprestasi lebih baik, lebih efisien, lebih cepat, lebih berkualitas, meningkat dari hari ke hari. Kita semua bisa berprestasi dalam segala hal, bagaimana agar kita bisa berprestasi. Adapun hal- hal yang bisa diperhatikan antara lain:
1. Mempunyai tanggung jawab pribadi
Seseorang yang mempunyai keinginan untuk memotivasi dirinya yaitu selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Seseorang yang bertanggung jawab dengan pekerjaan akan puas dengan hasil pekerjaannya karena merupakan hasil usahanya sendiri.
2. Menetapkan nilai yang akan dicapai atau menetapkan standar unggulan
Menetapkan nilai yang akan dicapai. Nilai itu lebih tinggi dari nilai sendiri (internal) atau lebih tinggi dengan nilai yang dicapai oleh orang lain (eksternal). Untuk mencapai nilai yang sesuai dengan standar keunggulan, kalian harus menguasai secara tuntas materinya.
3. Berusaha bekerja kreatif
Seseorang yang bermotivasi tinggi, gigih, dan niat mencari cara yang kreatif untuk menyelesaikan tugasnya. Mempergunakan beberapa cara belajar yang diciptakannya sendiri, sehingga lebih menguasai materi dan akhirnya akan memperoleh prestasi yang tinggi.
4. Berusaha mencapai cita-cita
Seseorang yang mempunyai cita-cita akan berusaha sebaik-baiknya dalam belajar atau mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Rajin mengerjakan tugas, belajar dengan keras, tekun, dan ulet dan tidak mundur dalam waktu belajar.
5. Memiliki tugas yang moderat
Memiliki tugas yang moderat yaitu memiliki tugas yang tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah. Seseorang dengan motivasi berprestasi tinggi, yang harus mengerjakan tugas yang sangat sukar, akan tetapi mengerjakan tugas tersebut dengan membagi tugas menjadi beberapa bagian, yang tiap bagian lebih mudah menyelesaikannya.
6. Melakukan kegiatan sebaik-baiknya
Seseorang yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi akan melakukan semua kegiatan belajar sebaik mungkin dan tidak ada kegiatan lupa dikerjakan. Membuat kegiatan belajar dari mentaati jadwal tersebut.
7. Mengadakan antisipasi
Mengadakan antisipasi maksudnya melakukan kegiatan untuk menghindari kegagalan atau kesulitan yang mungkin terjadi. Menyiapkan segala keperluan dan menyokong persiapan belajar yang perlu dan mempelajarinya.

sumber: http://www.siduta.com/memotivasi-diri-untuk-berprestasi/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates